Pengertian Bisnis dan Cara Mengklasifikasikan Bisnis
TUGAS 2
1. Bisnis adalah
suatu kegiatan yang dilakukan oleh
penjual dan pembeli yang biasa dilakukan secara perorangan atau berkelompok. Tujuan utama dari bisnis ialah
mengambil keuntungan dari hasil sisa jual suatu barang / jasa.
2. Ada 2 Cara Mengklasifikasikan Bisnis Yaitu:
Bisnis terdiri dari berbagai
macam tipe, dan sebagai akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang
berbeda-beda. Satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan
mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam
menghasilkan keuntungan.
- Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang
mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk
mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang
memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
- Bisnis jasa adalah bisnis yang
menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara
meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah
konsultan dan psikolog.
- Pengecer
dan distributor adalah pihak yang berperan
sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko
dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau
pengecer. lihat pula: Waralaba
- Bisnis
pertanian dan pertambangan
adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau
mineral tambang.
- Bisnis
finansial adalah bisnis yang
mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
- Bisnis
informasi
adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali
properti intelektual (intelellectual
property).
- Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk
publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
- Bisnis
real
estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan
dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan
bangunan.
- Bisnis
transportasi adalah bisnis yang
mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari
sebuah lokasi ke lokasi yang lain.
- Bisnis
online
adalah bisnis yang dilakukan secara online lewat internet. Dalam bisnis
online, barang apa saja bisa diperjuabelikan layaknya pada bisnis pada
umumnya. Untuk bisa berbisnis secara online, banyak media yang bisa
dimanfaatkan, salah satunya adalah website, facebook, twitter, instagram,
path, blog dan lainnya.
(https://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis)
3. Karakteristik Sistem Bisnis:
Kompleksitas keberagaman ketidakpastian dan dinamika perubahan yang
selalu terjadi menjadikan dunia bisnis penuh dengan tantangan. Tantangan –
tantangan tersebut tentunya menjadikan system bisnis itu menjadi dinamis.
Beberapa karakteristik bisnis sebgai berikut.
- Kompleksitas dan
Keanekaragaman
Yaitu bisnis yang muncul dengan berbagai sektor dengan
beberapa kelompok industri. Masing –masing industri yang terkumpul didalamnya
terdapat perusahaan – perusahaan yang bervariasi dalam bentuk kepemilikan,
volume bisnis, struktur modal, dan lingkup aktivitasnya, serta gaya manjemen
yang diterapkan. Contohnya, pembuat perkakas elektrik, dan produk – produk
elektronik.
Kompleksitas yang dihadapi oleh
perusahaan – perusahaan yang sudah go public atau go internasional memiliki
perbedaan dengan tantangan yang dihadapi oleh produk local. Selain menghadapi
perbedaan dalam perilaku konsumen, perusahaan global juga menghadapi kendalaekonomis,
misalnya penetapan tarif dan kuota untuk ekspor dan impor oleh Negara tujuan.
- Saling Ketergantungan
Yaitu masing –masing perusahaan dalam operasinya
selalu membutuhkan dan dibuthkan oleh perusahaan lain . hasil yang diproduksi
oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi perusahaan lain, demikian juga
sebaliknya. Maka dari itu perusahaan tidak akan bisa eksis atau terkenal tanpa
bekerja sama dengan perusahaan lain.
Ketergantungan juga dapat dilihat dari penyebaran wilayah produk. Perusahaan
yang berada dalam suatu Negara, dan ingin meningkatkan permintaan produknya
tentu akan mempertimbangkan untuk menjualnya keluar negeri jika pasar dalam
negeri melebihi kapasitas atau permintaan yang terbatas. Dalam hal ini
perusahaan harus bekerja sama dengan asosiasi/ lembaga-lembaga perdagangan untuk
membantu memasarkan produknya.
- Perubahan dan Inovasi
Perubahan dan inovasi sangat diperlukan dalam
bisnis terutama dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnisyang cepat. Namun
dalam pengertiannya adalah perusahaan yang tidak mampu menawarkan produknya
sesuai dengan selera konsumen, maka produknya pasti akan secara tidak langsung
ditinggalkan oleh pelangganya. Perubahan dan inovasi dalam bisnis bertujuan
untuk memberikan kepuasan bagi konsumen. Karena adanya perubahan lingkungan,
seperti pendapatan yang tetap , trend atau model yang berubah, serta gaya hidup
dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.
4. Peran Bisnis dalam Kehidupan Masyarakat:
Bisnis berperan sangat besar dalam kehidupan
masyarakat. Mulai dari kalangan pengusaha, pejabat negara, hingga sampai ke
lapisan masyarakat terkecil. Setiap orang mampu berbisnis dengan baik dan benar.
Namun, semua itu balik lagi kepada diri mereka masing – masing. Ia harus mempunyai kemauan dan motivasi yang
besar sehingga ia dapat menjalankan kegiatan berbisnis, ia juga harus mempunyai
modal yang cukup untuk memulai usahanya, karena dalam hal berbisnis yang paling
utama dalam memulai suatu usaha ialah modal atau dana, dan ia juga harus mempunyai strategi yang matang
dalam hal berbisnis. Dalam hal berbisnis sangatlah penting untuk kita menyusun
strategi dalam menghadapi hal – hal yang akan dilalui dikemudian saat atau sebuah ancaman buruk baik dari pihak extern
maupun pada saat suatu produk telah di pasarkan.
Kita tidak mampu hidup tanpa adanya kegiatan
berbisnis. Karena manusia adalah makhluk sosial, saling membutuhkan satu sama
lain. Dari zaman penjajahan hingga sekarang, setiap pekerjaan pasti akan
mendapatkan laba.
Seperti yang kita ketahui, setiap hari dan setiap saat
kita sendiripun melakukan transaksi bisnis dengan penjual. Contohnya pada hal -
hal kecil seperti pada saat melakukan
transaksi jual beli di warung makan, membeli pulsa, membayar ongkos kendaraan
umum, dan lain - lain. Dalam contoh transaksi jual beli di warung makan,
menjelaskan bahwa kita telah melakukan bisnis dengan Si penjual. Dia menjual
berbagai jenis makanan, lalu kita membeli beberapa jenis makanan yang kita
inginkan. Dalam hal ini, kita telah melakukan transaksi bisnis jual beli. Si penjual
ingin mendapatkan penghasilan dan keuntungan dari kita yang berupa uang, dan
kita juga telah mendapatkan barang yang ingin kita inginkan. Jadi, dalam hal
berbisnis seperti contoh kecil ini tidak ada yang dirugikan